Rekomendasi Drama & Film Korea Genre Crime


Sebelum menjabarkan apa saja drama dan film korea bergenre crime saya ingin menjelaskan apa sebenarnya yang dimaksud dengn genre crime ini. Crime adalah jenis film yang menampilkan skenario kejahatan kriminal sebagai inti dari keseluruhan film.

Jadi intinya tuh kaya drama atau film yang menampilkan tindak kejahatan seperti pembunuhan, kekerasan perampokan dan tindak kriminal lainnya yang tentu saja berhubungan dengan detektif kepolisian. Akan tetapi terkadang drama dibawah ini tersemat unsur thriller, jadi jangan bingung kenapa saya masukin juga kesini. Intinya temanya adalah tentang kriminalitas dan kepolisian.



Langsung saja saya jabarkan dan saya bakal kasih review untuk beberapa drama atau film yang pernah saya ikutin sebelumnya.

1. VOICE (2017)

Voice atau yang dalam bahasa korea Boiseu (보이스) adalah drama korea selatan tahun 2017 yang sukses besar dengan berfokus kepada seorang detektif populer yang telah memecahkan banyak kasus besar bernama Moo Jin Hyuk (Jang Hyuk) yang telah ditinggal meninggal oleh sang istri yang dibunuh oleh seorang pembunuh berantai yan kejam. Hidupnya seketika hancur hingga membuat ia meresa bersalah karena ia tidak bisa melindungi istrinya saat dalam bahaya. Disisi lain ada seorang wanita lulusan akademik kepolisian dengan nilai akademik tinggi dan memiliki kemampuan luar biasa dalam mendengarkan dan mendeteksi suara walaupun dalam frekuensi yang sangat pelan bernama Kang Kwon-Joo (Lee Ha-Na). 
Sama seperti Jin Hyuk, Kwon Joo juga ditinggal sang ayah yang telah dibunuh oleh seorang pembunuh berantai kejam. setelah kematian sang ayah, Kwon Joo pergi belajar ke AS dan kembali ke korea sebagai profiler suara profesional. Pada awalnya detektif Jin Hyuk dan Kwon Joo bekerjasama karena dipaksa oleh atasannya, namun semakin lama mereka semakin bekerja sama dalam memecahkan berbagai kasus kejahatan sambil mencari siapa sebenarnya pembunuh berantai yang bertanggung jawab atas kematian anggota keluarga mereka.

Review penulis :
Drama ini banyak mengangkat kasus yang membuat kita selalu deg degan sekaligus kagum dengan kemampuan profiler dari kwon Joo. Selama penyelidikan tentang pelaku pembunuhan berantai membuat saya geregetan dan sekaligus ngeri. Walaupun sudah dibuat blur akibat teguran dari semacam komisi penyiaran korea tentang terlalu sadisnya adegan pembunuhan dalam drama ini, tetap tidak mengurangi ketegangan di setiap episode. Drama Voice juga akan hadir dengan season 2 yang akan tayang di tahun 2018.

Sumber : Voice (2017)
Download/streaming : Voice (2017)

2. Tunnel (2017)

Tunnel yang dalam bahasa korea bernama Teoneol (터널) sebuah drama yang mengkombinasikan tentang genre perjalanan waktu dengan crime. Bercerita pada tahun 1986 seorang kepala detektif bernama Park Gwang Ho (Choi Jin Hyuk) mendapatkan sebuah kasus tentang kematian berantai para wanita muda. Ia mengejar sang pelaku hingga sebuah terowongan yang ternyata membawa dirinya ke masa depan di tahun 2017. Tiba-tiba saya setelah 30 tahun lamanya kasus tersebut tidak dapat diungkap, sang pelaku mulai membunuh kembali setelah 30 tahun berhenti. Ditemani oleh detektif Kim Sun Jae (Yoon Hyun Min) dan profesor psikologi pedana Shin Jae Yi (Lee Yoo-Young) mereka bekerjasama dalam memecahka setiap kasus dan mencari siapa pelaku dari kasus pembunuhan 30 tahun.

Review Penulis:
Saya baru tau jika sebenarnya kisah utama tentang pembunuhan para gadis muda ini terinspirasi dari kasus nyata pembunuhan berantai Hwaseong. Dalam drama ini saya juga suka akan ada sedikit bumbu romance antara Shin Jae Yi dengan detektif Kim Sun Jae. Selain itu banyak rahasia lain yang terbongkar terlepas dari pengejaran terhadap pelaku yang menurut saya sang pelaku adalah seorang yang benar-benar tidak terduga. Tunnel menjadi salah satu drama dengan genre crime dengan banyak ilmu-ilmu psikologis yang disampaikan oleh profesor Shin Jae Yi.

Sumber: Tunnel (2017)
Streaming/Download : Tunnel (2017)

3. Signal (2016)

Signal salah satu drama sukses tvN dengan nama asli Sigeuneol (시그널) tayang 22 januari -12 maret 2016 dengan jumlah 16 episode. Signal bercerita tentang Hae Young (Lee Je-Hoon) yang bekerja sebagai profiler kriminal dan juga seorang letnan polisi dimana ia sebenarnya tidak percaya dengan seorang polisi akibat dari pengalaman masa lalunya sendiri. Suatu hari Hae Young bertemu dengan seorang reporter di sebuah kafe untuk mengungkapkan bom tentang skandal selebriti. Sementara itu detetif veteran wanita Soo-Hyun (Kim Hye-Soo) berada di kafe yang sama untuk mengintai pertemuan tersebut, dengan catatan Soo-Hyun tidak mengetahui bahwa Hae Young juga merupakan seorang polisi. Hae Young pun ditangkap dengan dugaan menguntit selebriti. Sambil meninggalkan kantor polisi Hae Young mendengar seseorang berbicara kepadanya, namun tidak ada siapa pun disana. Hae Young menelisik dan menemukan sebuah walkie talkie yang menyala dan mengeluarka suara yang sejak tadi ia dengar. Pria yang sedang berbicara melalui walkie talkie tersebut adalah seorang detektif bernama Jae-Han (Cho Jin Woong) yang berasal dari masa lalu. 

Review Penulis:
Dalam drama ini ternyata banyak kasus yang terinspirasi dari kasus nyata yang ada di Korea. Drama ini unik karena adanya hubungan antara profiler kriminal bernama Hae Young yang bekerjasama dengan seorang detektif dari masa lalu yang ternyata telah dinyatakan hilang. Mereka saling membantu dalam memecahkan berbagai kasus, dengan dikombinasikan dengan keilmuan modern. Drama ini dengar-dengar memiliki rating yang cukup tinggi untuk ukuran tv kabel, dan layak untuk ditonton bagi teman-teman yang suka dengan genre crime.

Sumber : Signal (2016)
Streaming/Download : Signal (2016)

4. Midnight Runner (2017)

Ki Joon (Park Seo Joon) dan Hee Yeol (Kang Ha Neul) adalah siswa baru di Universitas Kepolisian Nasional Korea yang memiliki karakter dan sifat yang berbeda. Ki Joon yang memiliki kemampun dalam bela diri dan Hee Yeol yang cerdas. Pada awalnya mereka tidak berteman, namun akibat sebuah peristiwa saat pelatihan lari yang membuat Hee Yeol terluka dan Ki Joon dengan terpaksa mengendongnya mereka pun akhirnya berteman. Suatu malam, mereka keluar malam untuk pergi ke klub guna mencari pacar atau sekedar wanita. Menjelang kepulangan mereka dari klub, mereka menyaksikan seorang wanita muda diculik. Ki Joon dan Hee Yeol menggunakan semua ilmu yang telah mereka dapatkan walaupun sangat seadanya. Ki Joon dan Hee Yeol pun berusaha melibatkan para polisi, tapi mereka menuai kekecewaan karena sikap apatis dan birokrasi, Rasa kasian dan tidak tega dengan nasib yang mungkin saja menimpa wanita muda tersenut, mereka akhirnya berlatih dengan giat dan menyusun rencana untuk menyelamatkan wanita muda itu sebelum terlambat.

Review Penulis :
kocak tapi serius dan sedikit tambahan tegang akibat penyelidikan yang dilakukan Ki Joon dan Hee Yeol. sikap sinis dan rewel Hee yeol terkadang membuat gelak tawa saat menonton film ini. Terlepas dari esensi komedi yang disajikan, film ini tetap mengutamakan kehidupan para siswa polisi muda yang memiliki semangat menyelamatkan warga sipil yang terluka. Film ini sangat rekomendasi untuk para penonton pemula yang ingin menonton genre crime tapi tidak terlalu menguras otak untuk berfikir. Selain itu, film ini ternyata mendapatkan penghargaan pada Daejog Film Awards pada tanggal 25 oktober 2017.

Sumber : Film Midnight Runner (2017)
Streaming/Download : Film Midnight Runner (2017)

5. Bad Guys (2014)

Drama yang tayang tahun 2014 di chanel OCN berjumlah 11 episode bercerita dala memerangi kejahatan kekerasan yang terus meningkat, kapolri meminta seorang detektif bernama detektif Oh Goo Tak (Kim Sang-Joong) membentuk tim yang terdiri dari penjahat. Detektif Oh Goo Tak yang tengah mengalami masa diskorsing dari kepolisian akibat dari penggunaan kekuatan yang berlebihan. Terlepas dari itu Detektif Oh Goo Tak berhasil mengumpul tim yang terdri dari Park Woong Cheol (Ma Dong-Seok) yang merupakan seorang gengster, lee Jung Moon (Pak Hae Jin) yang merupakan seorang pembunuh berantai termuda dengan kecerdasan luar biasa dann yang terakhir Jung Tae Soo (Jo Dong Hyuk) yang merupakan seorang pembunuh bayaran. Terakhir yang bergabung sekaligus mengawasi adalah Yoo Mi Young (Gang Ye Won) seorang inspektur polisi.

Review Penulis :
Saya sudah pernah review drama ini dan bisa dilihat di Klik disiniBad Guys juga akan ada sekuel yaitu Bad Guys 2 : City Vile yang ternyata bukan kelanjutan dan tidak ada hubungannya dengan Bad Guys sebelumnya.

Sumber : Bad Guys (2014)
Streaming/Download : Bad Guys (2014)





Sekian dari rekomendasi drama dan film korea genre crime part 1 
Terimakasih semua dan selamat bertemu lagi dengan anak ayam ini

Comments

Postingan Populer

Review C-Drama : The Eternal Love (Shuang Shi Chong Fei)

SECRET FRUIT (2017) : SPIN OFF LEFT EAR ?

I CANNOT HUG YOU (2017) : Live Action Webtoon UnToucable

Review C-Drama : The Eternal Love (Shuang Shi Chong Fei) Season 2

Review C-Drama : King is not easy (Ketika menjadi raja tidak mudah)